Minggu, 21 Februari 2010

Proposal Cinta Sang Alumni

PROPOSAL CINTA SANG ALUMNI

Kami ceritakan kisah mereka kepadamu dengan sebenarnya. Sesungguhnya mereka itu adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Rabb mereka dan kami tambahkan kepada mereka petunjuk. (QS:Al-Kahfi 13)

Mahasiswa yang berkecimpung didakwah kampus disebut Sebagai aktifis dakwah kampus (ADK). Dan tentu sebagai ADK, berdakwah dikampus sebagai suatu keharusan. Kampus sebagai miniatur Negara adalah salah satu tempat terfavorit buat mensyiarkan agama Allah. Karna selain bi’ah yang terkondisikan dengan baik, kampus merupakan sekumpulan pemuda-pemudi yang berada dalam usia yang penuh vitalitas dan semangat yang dibutuhkan Islam untuk melakukan perombakan ummat. Akan tetapi,tentu tidak selamanya kita menjadi mahasiswa. Karena Ada batas waktunya. Paling lama 7 tahun, kalo ga, bakal di DO (Drop Out). Berarti kita mempunyai waktu sedikit untuk menikmati dakwah dikampus. Bukan hanya dakwah kampus, dakwah sekolah pun waktunya sangat singkat. Paling tidak hanya 3 tahun kita merasakan dakwah sekolah. Itu kalo yang merasakannya semenjak SMA. Catatannya, bagaimana setelah pasca sekolah atau pasca kampus. Mau kemana kita??? Kalo pasca sekolah, mungkin ia akan ke dakwah kampus. Itu bagi yang mau lanjut ke perguruan tinggi. Nah, yang ga’. Kemanakah ia???

Ladang dakwah terbentang luas, bukan hanya dikampus atau disekolah. Dakwah pasca kampus adalah dakwah yang sebenarnya. Karena kita benar-benar terjun ke masyarakat amma. Dimana pun, kita bisa berdakwah, dikampung, dikantor, di Bus kota. Diantara sekian banyak cara untuk berdakwah, kita juga bisa memakai dakwah fardiyah untuk masuk ke ranah seperti itu. Cara yang ampuh buat menarik simpati orang lewat kepribadian dan tauladan Aktifis dakwah itu sendiri.


Inilah salah satu yang kerjakan teman baikku. Ia kembali ke dakwah sekolah, tempat dimana ia ”dibesarkan” dulu. Sebagai bentuk terima kasihnya kepada Allah dan Tarbiyah yang telah membantunya mengubah hidup. Selain membina ia pun aktif mendampingi adik-adik Rohisnya mengerjakan program kerja. Kemarin aku dapati ia sibuk membantu mengerjakan proposal kegiatan adik-adik rohisnya. Yah.. persembahan Proposal Cinta Sang Alumni untuk sekolah tercintanya. Yang telah menjadi fasilitas hidayah dari Allah.
Ketahuilah, pernah di suatu kunjungan seorang Pimpinan Persatuan Ulama Dunia berkata : “Insya Allah, masa depan yang gemilang itu, kejayaan yang pernah hilang di tangan kita, akan dapat kita kembalikan lagi. Dan saya berharap, Indonesia akan menjadi pemimpin kebangkitan ini” (Dr. Yusuf Al Qaradlawy, Masjid Al-Azhar Jakarta, 1999)
Jadilah barisan dari kebangkitan islam itu dengan mengambil ladang garapanmu. Entah itu di sekolah, kampus, kampung,keluarga,kantor,pasar dan lainnya. Karena, dakwah tidak mengenal dimensi tempat dan waktu. Teruslah menyeru pada kebaikan KAWan.... Sebab SyurgaNya menantimu!!!!

Tidak ada komentar: